Website Resmi DPC KSPSI Kota Tasikmalaya

Posko Pengaduan JKN KIS BPJS Kesehatan Tasikmalaya

Oleh Eros Rosid , pada 23:14 , memiliki 0 komentar
Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia.

Sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama, yaitu:
  1. Penerapan paradigma sehat,
  2. Penguatan pelayanan kesehatan, dan
  3. Pelaksanaan Jaminan Kesehatan nasional (JKN). 
Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) sangat erat kaitannya dengan salah satu Program Jaminan Sosial bagi Pekerja yaitu BPJS Kesehatan yang pada akhirnya diintegrsikn dengan Program JKN untuk Pekerja Peenerima Upah.

Akan tetapi sangat disayangkan, daalam pelaksaanaannya maasih banyak permasalahan yang terjadi. Berdasarkan hal tersebut, Pimpinan Daerah Serikat Pekerja Kimia, Ekonomi dan Pertambangan (PD SP KEP) SPSI Jawa Barat bekerjasama dengan Pihak BPJS Kesehatan Divre IV dan Divre V Jawa Barat melaksaanakan Pelayanan Terpadu (Posko Bersama) yang Terintegrasi dan Terkoordinasi Dalam Hal Pelayanan Informasi Dan Penanganan Keluhan.
Pembentukan Posko Bersama ini dilakukan di wilayah Kota/Kabupaten di Provinsi Jawa Barat untuk melakukan fungsi koordinasi dalam hal :
Koordinator Relawan JKN KIS Tasikmalaya
  • Informasi kepesertaan dan pelayanan kesehatan
  • Penanganan pengaduan dan permintaan informasi dari peserta serta menindaklanjuti kepada instaansi terkait sesuai hirarki dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku
  • Memberikan informasi tentang ketidakpatuhan pendaftaran peserta dan pelaporan upah  oleh  Pemberi Kerja untuk ditindaklanjuti oleh Petugas Pemriksa Kepatuhan BPJS Kesehatan
Untuk optimalisasi pelaksanaan sosialisasi dan monitoring pelaksanaan program JKN khusus di Kota/Kabupaten Tasikmalaya juga telah terbantuk Posko Bersama sebaagai tindak lanjut dari Intruki terseebut dengan nama Posko Pengaduan JKN KIS BPJS Kesehatan Tasikmalaya yang dikoordinir oleh Yuhendra Efendi (Ketua DPC SPSI Kota Tasikmalaya).
Dalam pelaksanaannya selama setahun terakhir, ternyata masih banyak permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaaan Program JKN tersebut. Permasalahan utamanya adalah minimnya sosialisasi dan keterbatasan Relawan yang dimiliki sehingga belum bisa mengcover seluruh wilayah (kecamatan dan desa/kelurahan) di Kota Tasikmalaya.
Berdasarkan hal tersebut, Posko Pengaduan JKN KIS BPJS Kesehatan Tasikmalaya  terus melakukan rekrutmen Relawan dan juga menyediakan berbagai layanan pengaduan baik via media maupun melalui Relawan di wilayah kecamatan dan kelurahan.
Khusus bagi warga masyarakat yang ingin mendapatkan informasi dan sosialisasi Program JKN KIS, Kami mencoba menyediakan kontak layanan di 085222967769 - 081214700600.
Semoga Bermanfaat
Eros Rosid
Posko Pengaduan JKN KIS BPJS Kesehatan Tasikmalaya - Ditulis Oleh Eros Rosid , pada 23:14, dengan label BPJS , Jaminan Sosial . Dan memiliki 0 komentar
No comment Add a comment
Cancel Reply
GetID
Instagram