Website Resmi DPC KSPSI Kota Tasikmalaya

Penyakit Pekerja Yang Sangat Menghancurkan

Oleh Rumah Aspirasi Pekerja , pada 02:10
Sering kita dengar kata-kata "dasar penjilat" dan yang sejenisnya. Jilat, menjilat artinya menjulurkan lidah untuk merasai. Menjilat dalam arti kiasan, berbuat sesuatu supaya mendapat pujian (KBBI: 1995). 
Sedangkan kata penjilat berdasarkan makna di atas bisa kita definisikan: orang yang senang menjilat, mencuri perhatian atasannya supaya mendapat pangkat, jabatan, atau apapun yang bisa membuatnya senang.
Penyakit Pekerja Yang Sangat Menghancurkan salah satunya adalah seorang penjilat yang merasa aman dan hidup makmur serta memiliki atasan yang berkepribadian sesuai dengan harapannya. Seorang penjilat akan merasa berada di atas angin bila pimpinan tempat di mana dia bekerja (bernaung) ternyata juga sama-sama dari golongan bunglon dan satu karakter dengannya: ambisius dan oportunis. Bila begitu keadaannya akan ada hubungan simbiosis mutualisme. Saling menguntungkan. Si atasan memanfaakan dia sebagai tamengnya untuk berbuat semena-mena dalam menduduki kursi kepemimpinannya, si penjilat juga memanfaatkan atasannya untuk memuluskan jalannya dalam meniti karier menuju jabatan yang lebih tinggi dan mempertahankannya agar tidak jatuh ke tangan orang lain.
Tapi seorang penjilat akan mati kutu bila atasannya bukan sembarang atasan, tapi manusia idealis yang memiliki prinsip. Lidah seorang penjilat akan tumpul tak bertuah di hadapan pemimpin yang jujur, amanah, bertanggung jawab, adil, dan bijaksana. Seorang penjilat akan rontok harga dirinya di mata seorang pemimpin yang lebih percaya pada prestasi bawahannya dari pada percaya terhadap laporan-laporan rutin tanpa bukti dari seseorang. Seorang penjilat akan tersingkir sampai kepada frustrasi karena pemimpin yang berjiwa besar sama sekali tak membutuhkannya.
Bisa dipastikan mahluk-mahluk jenis ini selalu hadir di setiap komunitas dan di sebuah organisasi, terutama organisasi yang di dalamnya banyak menjanjikan kenikmatan uang dan jabatan. Uniknya, mahluk tersebut bisa berwujud wanita bisa juga pria. Mereka mudah dikenali, karena biasanya seorang penjilat bukanlah orang yang berkepribadian luwes (lantip), tapi individu yang bertingkah laku vulgar sampai kepada demonstratif memproklamirkan diri sebagai orang terdekat atasannya, tak peduli pada image negatif dia di mata orang lain.
Paradigma Penjilat inilah yang menghancurkan Prestasi Kerja, Motivasi Kerja dan berdampak secara tidak langsung terhadap Produktifitas dan Efektifitas Kerja. Prestasi yang objektif tidak akan lagi jadi pertimbangan di dalam menentukan kebijakan karena dominasi si “Penjilat” sudah mengakar. Kalau sudah sepertiini siap – siap saja bekerja di lingkungan yang jenjang karir nya hanya berdasarkan Like dan Dislike, dan Cuma yang siap mengikuti jejak si “Penjilat” lah yang akan dapat posisi yang enak – enak, tanpa mempertimbangkan prestasi dan yang lainnya. Kalau ditarik satu kesimpulan, Budaya 'Penjilat' adalah salah satu indikator keberhasilan doktrinasi Kapitalis dan masih kental korelasinya dg budaya KKN yang sudah mendarah daging di bumi pertiwi ini
Mudah-mudahan kita dijauhkan dari Penyakit Pekerja Yang Sangat Menghancurkan ini, Mudah - mudahan artikel sederhana ini ada manfaatnya buat kita semua.
Penyakit Pekerja Yang Sangat Menghancurkan
Penyakit Pekerja Yang Sangat Menghancurkan - Ditulis Oleh Rumah Aspirasi Pekerja , pada 02:10, dengan label Tips Pekerja
Comment disabled